Pelatihan Customer Service Batch 3 di Kontan Academy

12:36 AM

vivid argarini kontan academy customer service

Sukses batch pertama dan kedua workshop Kontan Academy - Serviced by Heart dengan trainer Dr. Vivid F. Argarini, batch 3 digelar Kamis (15/9/2016) di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta.


Pelatihan bertajuk "Happy You, Happy Customer" dirancang tak hanya untuk customer service officer ataupun front-line staff. Namun juga bagi siapapun yang ingin meningkatkan performa diri sendiri maupun perusahaan, melalui interaksi yang baik dengan pelanggan dan relasi. Peserta kali ini adalah dari PT Pegadaian (Persero), perusahaan Jerman distributor bahan kimia, PT Brenntag, lembaga penyedia pelatihan properti, Panangian School of Property, Tabloid Kontan, dan Hotel Santika. 


Dr. Vivid, yang merupakan Media and Communication Practitioner, memberi gambaran menyeluruh tentang bagaimana membuat diri selalu merasa hepi, untuk kemudian dapat berinteraksi penuh empati pada pelanggan dan relasi. Jurus-jurus menyentuh pelanggan dari hati juga dibagi, termasuk bagaimana menghadapi klien melalui e-mail dengan pelatihan cara menulis yang berkelas.

vivid argarini kontan academy customer service

Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ini memaparkan, bahwa pelanggan di era sekarang lebih well informed berkat mudahnya akses informasi. Maka menjadi tantangan bagi perusahaan untuk mendapat customer satisfaction dan customer loyalty yang tinggi. "Jangan bangga dulu jika klien kembali ke kita untuk kedua kali. Order pertama itu masih 'test the water' dulu, kedua biasanya karena offering-nya bagus. Kalau sudah ketiga-empat lagi, baru boleh merasa sudah mendapat customer satisfaction," tutur Dr. Vivid yang berpengalaman belasan tahun di industri media dan event organizer ini.


Dalam berkomunikasi dengan pelanggan, perusahaan sebaiknya berupaya untuk tidak melakukan secara mass. Misalnya dalam e-mail, customer tentu lebih senang jika disebut nama. Bukan hanya 'Dear Madam/Sir'. Apalagi e-mail yang hanya copy paste, di mana nama yang dituju bukanlah nama kita. "Personal touch is irreplaceable," imbuhnya.

vivid argarini kontan academy customer service

Kelas dengan peserta dari beragam perusahaan, membuat partisipan dapat saling belajar dari tiap pengalaman yang dibagi. Rachmat Hidayat dari Panangian School of Property menceritakan bahwa klien yang ditangani tak hanya seratus dua ratus, melainkan ribuan. "Jadi harus menghadapi seribu klien yang tentu beragam. Kadang karakter klien tidak dapat menerima gaya kita," katanya.


Kelas dari pukul 9 hingga 16.30 ini diisi beberapa exercise, antara lain membalas e-mail dan role play melayani pelanggan. Peserta mendapat masukan bagaimana memilih diksi yang tepat dalam penulisan surat, untuk memunculkan kesan berkelas saat mewakili perusahaan. Satu per satu surat yang ditulis peserta direview untuk dapat saling belajar.


Role play dilakukan juga untuk mendapat masukan. Terkait body language saat menghadapi pelanggan, cara menyampaikan penolakan yang tidak mengecawakan, bernegosiasi dengan percaya diri, dan banyak lagi.


Kontan Academy merupakan lembaga penyedia workshop dan seminar bidang bisnis dan investasi, bagian dari media cetak Kontan. Bekerja sama dengan berbagai trainer, Kontan mewujudkan komitmennya mengedukasi masyarakat melalui pelatihan.

vivid argarini kontan academy customer service

You Might Also Like

0 comments