Workshop "Happy You, Happy Customer" 2nd Batch Kontan Academy

5:52 AM

vivid argarini kontan academy

Yeay! Ini dia workshop Kontan Academy "Happy You, Happy Customer" Batch 2! Setelah batch 1 heboh pada November lalu (baca: Berlatih Melayani dengan Hati), kelas kedua yang digelar Kamis (4/2/2016) di Hotel Santika Premiere Slipi ini nggak kalah seru deh.

Pelatihan ini berjudul lengkap "Happy You, Happy Customer, A Serviced by Heart Workshop for Frontliners." Motivator Pemuda, Vivid F. Argarini memberi materi bertema "8 Best Ways to be Happy You, Happy Customer." Sebanyak 15 peserta hadir dari berbagai perusahaan, antara lain PT Bernadi Utama yang dikenal dengan produk pemanas air Solahart; PT CRIETA yang bergerak di bidang transportasi container dan pergudangan; PT PAPEROCKS Indonesia yang memproduksi berbagai kemasan dari kertas; PT Bukit Warna Abadi yang merupakan distributor bahan kimia terutama pewarna makanan dan kosmetik.

Ada pula dari PT Delta Cipta Sarana Promosi yang memproduksi benda promosi antara lain t-shirt dan jaket; CV Newton Teknologi yang menyediakan layanan toner printer dengan target perusahaan-perusahaan; dan satu peserta dari Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta. Di kelas ini seru belajar memotivasi diri untuk selalu happy, sehingga dapat melayani dengan hati dan membuat pelanggan senang dan puas.

vivid argarini kontan academy

Dimulai pukul 9 pagi dan berakhir jam 5 sore, peserta diajak untuk mengenali potensi dan kelemahan dirinya, memotivasi diri untuk selalu happy, serta memahami beragam cara melayani dengan hati. Ada pula sesi latihan membalas e-mail dari pelanggan, calon pelanggan ataupun relasi, dan sesi role play untuk latihan memerankan pelanggan dan customer service officer. 

"Apa sih bahagia itu? Apa yang membuat kita bisa bahagia?" tanya Vivid membuka pelatihan. Obrolan bergulir dengan beragam pendapat. Endang Nurwarti dari PT Bernadi Utama meyakini, kita akan bahagia setelah membuat orang lain bahagia. Vivid menekankan, rasa bahagia tidak dapat datang sendiri kecuali kita yang menciptakannya.


vivid argarini kontan academy
Peserta kemudian diajak melakukan Personal SWOT Analysis, dengan memikirkan dan kemudian menuliskannya sendiri apa strength, weakness, opportunity dan thread dalam diri masing-masing. "Kelemahan saya, bahasa Inggris saya belum baik, sehingga saya masih terus belajar," ujar Fona Fianida dari PT PAPEROCKS Indonesia penuh semangat.

Melakukan evaluasi diri secara berkala amat penting, yang kemudian dapat memotivasi kita untuk terus meningkatkan kemampuan. "Tidak hanya handphone yang perlu di up-grade, tapi diri kita juga kan. Persaingan sumber daya manusia begitu ketat," tutur Vivid. Memahami intrapersonal kemudian akan membuat kita dapat berkomunikasi interpersonal dengan lebih baik, kemampuan yang sangat diperlukan seorang frontliners.

vivid argarini kontan academy

Beragam tips terkait customer service juga dibahas tuntas. Antara lain belajar berempati, pemilihan diksi dalam komunikasi tertulis ataupun tatap muka, sampai soal bahasa tubuh.

Di kelas ini peserta tak hanya mendapat materi dari pengajar. Saat sesi latihan membalas e-mail, hasil tulisan tiap peserta diulas secara terbuka sehingga tiap peserta dapat belajar dari yang lain.

Pada sesi role play peserta dibagi dalam enam kelompok, dan tiap kelompok diberi satu kasus untuk diperankan. Ada yang sebagai pelanggan, ada yang sebagai frontliner. Kasus yang diperagakan beragam, antara lain pelanggan yang komplain pada customer service yang sedang cuti karena barang yang dipesan belum sampai, dan frontliner yang harus taktis melayani calon-calon pelanggan yang berkunjung ke stand di pameran.

vivid argarini kontan academy

Vivid merancang kelasnya menjadi happy class yang cair dan interaktif. Kontan Academy sendiri merupakan bagian dari Tabloid Kontan yang memayungi kegiatan workshop dan seminar, bekerja sama dengan berbagai pembicara. Lembaga ini mewujudkan komitmennya sebagai media bisnis dan investasi yang juga ingin memberikan edukasi ke masyarakat melalui workshop.

vivid argarini kontan academy
Bersama peserta dari PT Bernadi Utama, (ki-ka) Mita Shabrina, Endang Nurwati dan Alfian Sugiarto

You Might Also Like

0 comments