Talkshow Siberkreasi Netizen Fair 2018 di Gelora Bung Karno

7:35 PM


Dr. Vivid F. Argarini menjadi narasumber dalam motivational talk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dalam Siberkreasi Netizen Fair 2018 yang digelar di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jumat (23/11/2018).


Siberkreasi Netizen Fair yang diselenggarakan 23-24 November 2018 ini, mengajak anak muda untuk terus meningkatkan literasi digital serta berkreasi digital secara positif dan produktif. Slogan-slogan seperti "Kami Netizen Cinta Damai", juga "Kami Netizen Anti Hoax" dipasang sejak di photo booth di pintu masuk. 


Selama dua hari itu para narasumber dihadirkan untuk puluhan sesi digitalk dan creative workshops. Dr. Vivid berbicara dalam sesi "Mendidik Anak di Era Digital" yang bekerja sama dengan program Sahabat Keluarga, Kemendikbud.


"Kalian menggunakan sosial media untuk apa ya?" seru Kak Vivid mengawali sesinya. Talkshow diikuti puluhan peserta antara lain dari SMA 70 Jakarta, SMK Kedaung Jakarta, serta mahasiswa Kak Vivid di Kalbis Institute dan Universitas Bakrie. Jawaban-jawaban seru pun bersahutan dari mulai untuk mencari informasi, mengikuti trend, serta berhubungan dengan teman-teman.


Kak Vivid menekankan, teknologi memang terus berkembang dan remaja pun perlu terus meng-up grade diri agar tidak tertinggal. Namun, kita harus tetap selalu bijak dalam menggunakan teknologi digital serta dapat mengatur waktu dengan baik. 


"Jangan sampai ketika dipanggil orang tua, lalu beralasan sedang sibuk padahal sedang main sosmed atau nonton video. Ingat ya, Manner Does Matter," tutur Kak Vivid yang menekankan bahwa sepintar apapun kita, jika tidak memiliki attitude yang baik, tetapi saja kita tak akan dilihat sebagai anak yang baik. 



Kak Vivid juga mengingatkan bahwa interaksi langsung tetap sangat penting, seperti mengikuti berbagai kegiatan non akademik dan berkenalan dengan orang-orang baru secara langsung untuk menjalin relasi. 

 

"Siapa di sini yang punya portofolio? Mumpung kalian masih kelas X, masih banyak waktu untuk menyusunnya." kata Kak Vivid mengenalkan pentingnya membuat portofolio agar terlihat pengalaman apa saja yang telah kita peroleh. "Sebagai siswa atau mahasiswa, yang perlu kita kejar tidak hanya nilai akademis semata. Tetapi memiliki banyak pengalaman juga penting," imbuhnya.


Selain murid SMA dan mahasiswa, talkshow ini juga diikuti oleh guru-guru. Kak Vivid berpesan, Kemendikbud telah memiliki situs yang seru untuk orang tua dan guru belajar bersama, yaitu sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id



Melalui Sahabat Keluarga, orang tua dapat memperoleh praktik baik pendidikan keluarga dan menularkannya ke orang tua lain, sehingga dapat menjadi fasilitas belajar bersama. Orang tua juga dapat belajar dari pengalaman orang tua lain yang berhasil mendidik anak-anaknya hingga berhasil. Program ini juga ingin membangun ekosistem pendidikan yang terdiri atas orang tua, kepala sekolah, guru, komite sekolah, dewan pendidikan, pegiat pendidikan dan masyarakat.


Siberkreasi Netizen Fair 2018 melibatkan puluhan speakers antara lain Kepala Bekraf, Triawan Munaf, sutradara Dennis Adhiswara, serta selebriti seperti Marcella Zalianty dan Mona Ratuliu. Ada pula music performances dari musisi ternama seperti Endah N Rhesa, The Groove, Potret, Souljah dan banyak lagi. 


Acara ini diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang merupakan wadah kolaborasi 92 lembaga dan komunitas, yang dideklarasikan pada 28 Oktober 2017.  

You Might Also Like

0 comments