Ngobrol Pergaulan Era Generasi Z di SMP Labschool Jakarta

1:58 AM


SMP Labschool Jakarta kembali menghadirkan Konselor Pendidikan, Dr. Vivid F. Argarini, untuk ngobrol-ngobrol memotivasi siswa-siswi. Pada Rabu (7/11/2018), Kak Vivid menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif bertema "Pergaulan Remaja di Era Generasi Z". 



Pagi-pagi sekali di aula sekolah yang berlokasi di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur ini, murid-murid SMP berseragam Pramuka memenuhi deretan kursi yang terbaris rapi. Sebagian kecil di barisan tengah tampak berjas biru, tanda mereka adalah pengurus OSIS. Semua antusias mengikuti kegiata yang dibuka oleh Kepala Sekolah Drs. Asdi Wiharto, dan Kepala Badan Pengelola Sekolah, Dr. Karnadi, M.Si ini.

 Kepala Sekolah Drs. Asdi Wiharto

Kepala Badan Pengelola Sekolah, Dr. Karnadi, M.Si 
Kawan-kawan SMP Labschool kira-kira menggunakan media sosial untuk apa ya? Nah, pertanyaan ini diajukan Kak Vivid yang langsung disambut semangat peserta untuk menjawab. Ada yang menyebut untuk mengetahui informasi terbaru, mengikuti trending, juga untuk pertemanan. 



Kak Vivid menekankan bahwa dalam menggunakan media sosial, kita perlu memperhatikan dengan cermat apakah link-link yang sampai pada kita berisi konten yang bermanfaat atau tidak. "Jika kalian memperoleh link yang diberi judul, viralkan, misalnya, justru kalian harus berpikir. Apakah link ini perlu dibagikan ke orang lain, atau cukup sampai kita saja," pesan Kak Vivid. 



Dalam obrolan ini, Kak Vivid juga menyinggung soal kebiasaan sebagian remaja yang sangat senang main game. Hmm... main game online memang seru, tapi bagi yang sangat game freak juga perlu berpikir, apakah hanya akan terus menjadi pemain saja. "Kalau kita sangat suka main game, kita dapat berkarir menjadi kreator game. Jadi tak hanya bermain, tapi juga mempelajari ilmu bagaimana membuatnya, sehingga orang memainkan produk kita," tutur Kak Vivid yang merupakan ibu dari tiga putra usia mahasiswa dan SMP ini.



Nah, terkait dengan cita-cita apakah ingin jadi kreator game atau yang lain, Kak Vivid meminta beberapa peserta untuk maju ke depan dan mengungkapkan apa hobi dan cita-cita mereka. "Cita-citaku ingin jadi detektif," ujar seorang siswi mantap, disambut tepuk tangan meriah kawan-kawannya.



Kak Vivid berpesan, tidak apa-apa jika saat ini masih bingung ingin berkarir di bidang apa kelak saat dewasa. "Bahkan sampai lulus SMA pun, tidak apa-apa jika masih belum tahu ingin jadi apa. Tapi yang penting, sejak sekarang kalian terus belajar dan menekuni hobi," pesan Kak Vivid yang seorang dosen pascasarjana ini.










Simak video kegiatan ini di channel YouTube Kak Vivid, Vivid Argarini Comm ya.

You Might Also Like

0 comments