Writing Workshop Batch 3

6:06 PM



Dr. Vivid F. Argarini kembali menyelenggarakan Writing Workshop pada Minggu (15/10/2017), yang kali ini telah memasuki batch ke tiga. Pelajar SMP hingga mahasiswa seru belajar bareng menyusun CV dan personal statement, di ruang Gerbang Sriwedari, Gedung Mitra Hadiprana Kemang, Jakarta Selatan.


Ibu Floery, orang tua peserta menuturkan, ia mendorong putranya mengikuti kegiatan ini sebab menulis adalah skill yang penting. "Kalau kita tahu teknik dan alurnya, menulis adalah bagian dari kreatifitas yang ujungnya nanti akan sangat berguna dalam pekerjaan. Maka saya mendorong anak saya ikut workshop ini, untuk paling tidak Gerald belajar menuangkan idenya melalui tulisan dengan alur yang lebih tertata, menarik dan kreatif. Sehingga menjadi bekal nanti suatu saat ingin apply scholarship atau sekolah di luar negeri. Saya rasa itu akan sangat berguna sekali," tutur Ibu dari Gerald J. Viabel, siswa SMAK Penabur Kota Wisata ini.



Salah satu peserta, Ravino F. Juwono merasa well informed setelah mengikuti pelatihan ini. "Saya merasa berinformasi, karena sudah mendapat pelajaran tentang menulis," ujar Vino yang murid SMA Bogor Raya ini. Vino sebelumnya telah mengikuti kelas Public Speaking bersama Kak Vivid pada Juli lalu.


Dalam Writing Workshop ini Kak Vivid menjelaskan kiat-kiat menuangkan pemikiran kita lewat tulisan. Peserta diajak mengenali diri untuk dapat menyusun personal statement, yang akan sangat dibutuhkan ketika kita akan melanjutkan ke perguruan tinggi di luar negeri, melamar beasiswa, atau pun magang. Merangkai kata-kata menjadi enak dibaca dan mudah dipahami dengan prinsip 3S yaitu Simple, Short but Sharp. 


"Coba baca satu kalimat ini, menurut kamu terlalu banyak kata 'saya' atau tidak? Pasti bisa dikurangi. Bahasa tertulis berbeda dengan bahasa kita bertutur," kata Kak Vivid mengomentari tulisan di layar laptop tiap peserta. "Kalimat ini menarik dan menunjukkan keunikanmu. Jadi ini bisa ditaruh di awal ya," ujarnya membimbing satu per satu agat pesrta mengerti bagaimana menyusun struktur tulisan yang menarik.



Tak hanya personal statement, peserta juga berlatih menulis feature article, menulis judul, menulis kosakata dengan ejaan yang tepat, serta menjawab soal essay. Tulisan tiap peserta di-review oleh Kak Vivid yang berpengalaman sebagai CEO dan Editor in Chief Majalah Aneka Yess!. Usai pelatihan, hasil penilaian disampaikan ke orang tua murid untuk mendorong putra-putri terus berlatih agar semakin lincah menulis. 

You Might Also Like

0 comments