Pelatihan Presentation Skill Remaja

11:24 PM



Bagaimana menyusun materi presentasi yang baik dan bagaimana menyampaikannya? Dua poin ini dipelajari di Pelatihan Presentation Skill untuk Remaja, yang diselenggarakan Konselor Pendidikan, Dr. Vivid F. Argarini, Minggu, 19 Oktober 2017.


Di Ruang Gerbang Sri Wedari, Gedung Mitra Hadiprana di Jalan Kemang Raya, sebanyak lebih dari 20 pelajar usia sekolah dasar hingga SMA berlatih menyusun slides presentasi, lalu tampil bicara di depan kelas menyampaikan gagasannya.


Kak Vivid yang berpengalaman belasan tahun memimpin majalah remaja Aneka Yess!, melatih peserta dimulai dari self introduction. "Perkenalkan diri kalian di depan kelas, dengan kalimat utuh. Perhatikan subjek, predikat, objek, keterangan kalimat," kata Kak Vivid mengajak peserta berlatih merangkai kata.

Dzaky saat individual presentation
Sejak saat self introduction ini pula bimbingan public speaking dari Kak Vivid telah dimulai. Seperti bagaimana sikap berdiri, intonasi, juga posisi tangan yang sebaiknya tidak dilipat di depan dada.

Danesh kreatif mendesain slides-nya
Setelah saling mengenal kawan-kawannya, peserta mulai menyusun materi presentasi. "Perhatikan warna font dan warna background, agar tulisan terlihat jelas di layar. Slide hanya berupa poin, tidak terlalu banyak kata," ujar Kak Vivid yang juga seorang dosen pascasarjana ini.

Yara, Ara dan Mya saat menyusun slides untuk group presentation
Dalam waktu cukup singkat, peserta dapat menyusun delapan slides yang keren-keren lho. Ada yang dilengkapi gambar, foto, musik, juga shapes pendukung teks agar menarik. Kemudian satu per satu peserta menampilkan slides-nya dan melakukan presentasi. Ada yang masih gugup, suara terlalu kecil, hanya membaca teks pada layar, ada pula yang telah cukup sering berlatih sehingga lebih menyita perhatian dan bicara dengan tempo yang pas.


Tak hanya individual presentation, tapi Kak Vivid juga melatih peserta melakukan group presentation. Wah, semakin seru. Remaja dilatih berkolaborasi mengumpulkan ide, menyusunnya dalam slides, dan mempresentasikannya bersama. Meski tampil berkelompok, tiap peserta bergantian berbicara. Di sesi ini, peserta yang sekaligus sebagai penonton diberi kesempatan mengajukan pertanyaan dengan kelompok yang tengah menyampaikan gagasannya. 

Rajasa, Enggar dan Dintha saat group presentation
Beberapa poin yang menjadi catatan Kak Vivid untuk diperbaiki adalah : level of eye contact, intonation, font size dan font color dalam slide, volume, level of confidence, dan tentang mastering the content.

Kak Vivid menilai satu per satu penampilan peserta
Kegiatan ini diikuti pelajar dari beragam sekolah, antara lain Sekolah Garuda Cendekia, SMAN 8 Jakarta, SMAN 28 Jakarta, Sekolah Madania, SMP Al Ikhlas Cipete, SMA Bogor Raya, Primary Global Islamic School, SMA dan SMK Diponegoro, hingga SMA Budi Utama Yogyakarta.

pelatihan presentasi


Pelatihan Presentation Skill Batch 2 akan diselenggarakan Minggu, 19 November 2017, pukul 9 pagi hingga 4 sore, di Gedung Mitra Hadiprana, Kemang, Jakarta Selatan.

Foto-foto dan Video: kusWondo

You Might Also Like

0 comments