Memotivasi Paskibraka DKI Jakarta 2016

8:40 AM


Paskibraka Provinsi DKI Jakarta 2016 telah terbentuk dan saat ini tengah mempersiapkan diri untuk bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi pada 17 Agustus mendatang. Sebanyak 54 siswa-siswi ini mengikuti Orientasi dan Pembinaan Kepaskibrakaan di Buperta Cibubur, 15-17 Juli lalu. 


Selama tiga hari itu mereka digembleng dengan agenda kegiatan yang sangat padat. Bangun Subuh, beribadah, lalu olahraga hingga jam 7. Setelah apel pagi, latihan PBB hingga pukul 10. Setelah itu peserta mendapat beragam materi seperti bela negara, pengetahuan umum, pengenalan pengurus PPI dan lainnya. Jam 9 malam selalu ada evaluasi, dan baru beristirahat pukul 10 malam untuk bangun kembali Subuh atau bahkan pukul 1 dini hari.


Motivator Pemuda, Vivid Fitri Argarini yang juga Paskibraka DKI Jakarta 1989 memberi materi pada hari Sabtu (16/7/2017). Vivid memotivasi para siswa berprestasi ini untuk memiliki cita-cita tinggi, dan bersiap sejak sekarang untuk meraihnya. Persiapan yang paling dasar adalah, di sekolah tidak menjadi siswa yang hanya sekolah-pulang-sekolah-pulang. Penting untuk melatih diri dengan berorganisasi, juga berteman sebanyak mungkin untuk membangun jejaring.


Portofolio kita juga perlu disusun sejak sekarang. Tidak menunggu saat mau memasuki dunia kerja lho. Memiliki kumpulan karya atau daftar pengalaman kita akan berguna jika suatu saat kita perlu 'melamar' beasiswa. Siapa kita dan apa saja kemampuan kita terbaca dari portofolio itu. Mengumpulkannya juga bagian dari memotivasi diri. Sebab jika portofolio serasa masih kurang dahsyat, kita akan terpacu untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin.

Kemudian, jangan lupa untuk tidak berhenti mengejar cita-cita. Visualize itu, write it, dream it and make it happen! Selamat bertugas Paskibraka DKI Jakarta 2016!

You Might Also Like

0 comments