Vivid di iNews: Lima Kiat Orangtua Menyiapkan Anak Menghadapi Ujian Sekolah

7:28 AM


Sumber : iNews.id - Minggu, 03 December 2017
Penulis : Nanang Wijayanto

JAKARTA, iNews.id - Menghadapi ujian sekolah yang sudah di depan mata, seolah menjadi momok tersendiri bagi anak didik. Sebagai orangtua, sudah seharusnya berperan mempersiapkan diri agar anak bisa menghadapi ujian dengan baik, tidak tertekan, dan stres.

Menurut pemerhati keluarga Dr. Vivid F. Argarini, terdapat beberapa kiat yang harus dilakukan orangtua saat sang anak menghadapi ujian.

Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan dalam membantu anak menghadapi ujian sekolah.


Trust


Percaya adalah hal yang utama. Percaya bahwa anak Anda telah mencatat dan mengetahui jadwal ujian di sekolah. Di samping itu, orangtua juga percaya bahwa si anak telah mempersiapkan ujian dengan baik.


Learning together


Dipastikan bahwa orangtua dapat bersama anak membuka buku membahas mata pelajaran yang akan dihadapi saat ujian. Tanyakan pokok bahasan apa saja yang akan diujikan.

Setelah materi pokok ujian dibaca dan dipelajari bersama orangtua sekira satu jam, berikanlah kesempatan anak untuk belajar sendiri.

Give them a sincere support

Sampaikan bahwa Anda sebagai orangtua mendukung dan siap untuk berada di samping anak saat keadaan mudah, ataupun sulit saat mengadapi ujian sekolah. Besarkan hatinya supaya anak dapat menjalani ujian dengan tenang dan nyaman.

Not to be the best, but show your best

Hindari memberi target terlalu tinggi di luar kemampuan anak. Pasalnya, setiap anak memiliki tingkat kemampuan yang beragam. Ajari anak Anda supaya ujian bukan atas dasar berkompetisi dengan orang lain, melainkan dengan diri sendiri untuk mencapai hasil yang terbaik.

Not the last one, but could be the best one. Surrender to God

Mengajak anak untuk selalu berdoa secara sungguh-sungguh saat menghadapi ujian supaya hati lebih tenang. Tanamkan bahwa Tuhan akan selalu membantu jika setiap usaha dan doa dilakukan secara sungguh-sungguh.

You Might Also Like

0 comments