Yuk, Ikuti Diskusi Budaya "Ratu SHiMA" di Museum Tekstil

6:29 PM

vivid argarini ratu shima

Dr. Vivid Fitri Argarini akan menjadi narasumber dalam diskusi budaya di Museum Tekstil Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016. Bincang-bincang yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama CHIVA Production ini bertema "SHiMA sebagai Icon Pemimpin Perempuan yang Sukses di Masa-nya".

Motivator Pemuda ini akan menjadi pembicara bersama ahli arkeologi dan epigrafi Pusat Arkeologi Nasional, Dr. Titi Surti Nastiti, serta penata tari dan dosen Institut Kesenian Jakarta, Dr. Respatini Kusumastuti, dimoderatori Vera Damayanti.

Selama 15-30 Oktober mendatang, di Museum Tekstil juga digelar Pameran Pertunjukan SHiMA Kalingga, menyajikan batik Kalingga karya Lucky Widjayanti, aksesories SHiMA Kalingga karya Manjusha Nusantara, juga foto pementasan drama tari SHiMA Kalingga koreografer Putut Budi Santosa.

vivid argarini ratu shima

Sanggar tari CHIVA dibentuk Putut Budi Santosa pada 2003 dengan arahan para tokoh seni, antara lain ayah kandung Vivid, S. Kardjono (Alm) yang merupakan maestro tari Jawa klasik gaya Yogyakarta. CHIVA juga diarahkan Farida Utoyo, dan I Wayan Diya (alm), yang merupakan Dosen IKJ dan tokoh seni.

Hingga kini CHIVA menyelenggarakan kelas tari Jawa, Modern Dance dan tari Nusantara. Pada 2014 telah sukses dengan pertunjukan "SHiMA, Kembalinya Sang Legenda". Sejak itu program "SHiMA Kalingga" terus konsisten dilanjutkan bersama JAPA School of Art dan Yayasan LinggaYoni Nusantara.

Ratu SHiMA merupakan icon pemimpin perempuan dari legenda Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah. Kisahnya, dikutip dari situs CHIVA Production, pada sekitar abad ke-6 Masehi Ratu Shima dikenal dengan peraturan barang siapa mencuri, akan dipotong tangannya. Prinsip keadilan diterapkan dengan keras tanpa pandang bulu. Maka rakyatnya sangat menjunjung tinggi kejujuran.

Hingga suatu saat, putra mahkota menyentuh uang emas yang bukan miliknya. Kantung emas yang sengaja ditaruh di jalan dekat pasar, sampai tiga tahun tak dicuri rakyat Kalingga. Ratu SHiMA konsekuen menegakkan peraturan, memotong kaki anaknya sendiri.

Yuk, ikuti bincang-bincang tentang tokoh pemimpin perempuan di Museum Tekstil, Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta besok jam 10 pagi. Cukup dengan membayar tiket masuk museum.

You Might Also Like

0 comments