"Presentation Skill" Training Tim Shangri-La Hotel Jakarta

9:15 PM

vivid argarini at shangri-la

Shangri-La Hotel Jakarta tak hanya konsisten meningkatkan pelayanan ke pelanggan, tapi juga terus mengasah kompetensi tiap anggota 'squad'-nya. Seperti Senin (9/5/2015), dari jajaran manager hingga officer seru belajar bareng teknik presentasi. 



Foto : kusWondo
Vivid Fitri Argarini menjadi pengajar dalam training sehari itu, dengan memberi pemaparan bertema "Mastering in Presentation". Pelatihan ini merupakan kali kedua setelah Batch I pada pertengahan April lalu (baca : Pelatihan "Mastering in Presentation" Shangri-La Hotel Jakarta). 


vivid argarini at shangri-la

Di Batch II ini, sesi memperkenalkan diri di awal menjadi semacam pre-test untuk mengenali kemampuan public speaking tiap partisipan. Kemudian, beragam tips dibagikan. Antara lain kita perlu mengetahui beberapa tipe public speaking, yaitu apakah kita akan bicara untuk menginformasikan sesuatu, membujuk atau mengajak melakukan sesuatu. Tipe lain yakni bicara di acara khusus misalnya welcoming guest, atau bicara di kelompok kecil seperti rapat internal.


vivid argarini at shangri-la


Sebelum presentasi, sebaiknya kita mencari tahu dulu siapa audiens kita. Setidaknya informasi dasar seperti kisaran usia dan latar belakang pendidikan. Saat presentasi, beberapa yang penting diperhatikan adalah volume, intonasi, pelafalan, tempo dan gestures. "Make eye contact. Pandangan kita perlu 'menyapu' seisi ruangan dan melihat satu per satu ke audiens," tutur lulusan Communication and Sociology, University of Wisconsin-Whitewater, Amerika Serikat ini. 


vivid argarini at shangri-la
Foto : kusWondo
Training termasuk praktek presentasi dari tiap peserta, dengan slides yang telah mereka siapkan sebelumnya. Satu per satu mendapat review dari Vivid, dari soal penampilan mereka sampai bagaimana peserta membuat slides yang mendukung pemaparan.

vivid argarini at shangri-la
Foto : kusWondo
Vivid menekankan pentingnya sincerity dari setiap yang kita jalani. Terlebih di industri hospitality, ketulusan tak hanya saat bekerja atau berkarya. Namun juga ketika kita perlu meningkatkan kemampuan diri. "Meaning that I do good, because I want to. Bukan karena diminta orang lain atau sekadar melakukan kewajiban pada perusahaan," jelasnya.


vivid argarini at shangri-la

You Might Also Like

0 comments