Ajarkan Self Upgrading Duta Wisata Indonesia 2015

3:41 AM

Foto-foto : kusWondo
"Handphone saja inginnya kita upgrade. Nggak ada yang mau di-downgrade. Nah, diri kita sendiri juga perlu selalu di-upgrade dong. Self upgrading penting agar kita dapat bersaing."


Self upgrading ditekankan Motivator Pemuda, Vivid F. Argarini, saat menjadi pembicara dalam karantina Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015 tingkat nasional, yang digelar 9-14 Desember lalu di Jakarta. Dalam sesinya di Hotel Santika, ia memberi pembekalan kepada 22 pasang finalis yang merupakan Duta Wisata di masing-masing provinsi mereka.


Vivid mengajak para pemuda untuk memahami diri mereka sendiri. Apa sih kelebihan dan kekurangan diri, baik fisik maupun non fisik. Kemudian, penting bagi kita untuk selalu menambah skill, pengetahuan, serta memiliki attitude yang baik. Tanpa itu semua, pemuda akan tergilas perkembangan zaman dan tak mampu bersaing dengan jutaan pemuda lainnya. "Karena life is ascending. Maka kita harus selalu melakukan self upgrading," tegas Vivid yang tengah menyelesaikan studi doktoralnya di Universitas Negeri Jakarta ini.


Selain itu, yang juga penting adalah memiliki adversity quotient (AQ) yang tinggi. AQ adalah ukuran ketahanmalangan, atau kecerdasan menghadapi kesulitan. Seseorang dengan AQ tinggi berarti memiliki daya juang tinggi. "Ketika mendapat kesulitan atau bahkan gagal, ia mampu bangkit kembali. Tidak pantang menyerah," tutur lulusan University of Wisconsin-Whitewater, Amerika Serikat ini.

Tentang daya juang ini kerap luput diingatkan dan diajarkan dalam pendidikan di sekolah.
Duta Wisata Indoensia tingkat nasional rutin digelar tiap tahun oleh Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo), dan kali ini adalah yang ke sepuluh. Pada tahun-tahun sebelumnya, Vivid juga telah rutin memberi pembekalan ketika mereka mengunjungi kantor Majalah Aneka Yess!, di mana ia menjabat CEO. Dengan panggung grand final di Gedung Kesenian Jakarta pada 13 Desember, perhelatan ini menobatkan Raka Cahya dan Raki Wardina sebagai Duta Wisata Indonesia 2015.



You Might Also Like

0 comments