Diskusi bersama PDMA Indonesia : Berkolaborasi dengan Kompetitor

6:20 PM

15 April 2015, Executive Lounge PPM Manajemen, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat

vividargarini pmda

Berkolaborasi dengan pesaing kita? Baik atau tidak ya? Topik ini dibahas di academic gathering yang digelar PDMA (Product Development and Management Association) Indonesia, baru-baru ini.

Vivid Argarini yang seorang education counselor, juga media and communication expert, hadir dalam gathering yang diadakan di PPM Manajemen, Jalan Menteng Raya No. 9 - 19 Jakarta Pusat ini. Dengan topik "Collaborating with Your Competitors: Do or Don't?", dihadirkan pembicara yaitu Bapak Hasnul Suhaimi - former CEO XL Axiata.

Pak Hasnul memberikan materi menurut pengalamannya memimpin telco company. Menurutnya, ada tiga opsi penting yang dapat diperoleh dalam berkolaborasi dengan kompetitor, yaitu increase price, lower costs, dan find new sources of growth.

Pembicara lainnya, yaitu Bapak Andi Ilham Said, Ph.D. Beliau sebagai akademisi dari PPM Manajemen, lebih mengupas kepada advantage dan disadvantage mengapa berkolaborasi dengan kompetitor.

Pak Andi Ilham Said mengemukakan fakta kolaborasi Sony dan Samsung, Toyota dan GM, HP dan Cannon Printers, juga Samsung dan Apple. The key success is Collaborative Innovation

Kegiatan ini menitikberatkan pada riset terkini yang dikolaborasikan dengan pemaparan dari pengalaman praktisi dalam bidang pengembangan produk baru dan inovasi. PDMA  Indonesia sendiri, merupakan organisasi afiliasi internasional untuk advokasi global dan asosiasi manajemen yang berdedikasi untuk inovasi dan pengembangan produk baru. Organisasi ini digagas oleh PPM Manajemen, sebuah sekolah tinggi manajemen yang juga sebagai lembaga riset, mengadakan pelatihan, serta konsultasi dan penerbitan buku manajemen.

You Might Also Like

0 comments