Hari Kartini Bersama Dharma Wanita Sekretariat Kabinet RI

8:38 AM


Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Kabinet RI seru memperingati Hari Kartini. Kompak berbusana nusantara, saling berbagi cerita, serta memperkaya pengetahuan untuk menjadi ibu yang lebih baik.

Dr. Vivid F. Argarini
Kegiatan ini diselenggarakan oleh DWP Setkab RI, Jumat pagi (20/4/2018) di Aula Serbaguna Gedung Kementerian Sekretariat Negara RI di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Konselor Pendidikan, Dr. Vivid F. Argarini menjadi narasumber talkshow bertema "Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tumbuh Kembang Anak".  

Dr Vivid F. Argarini diapit Ibu Hani Pramono Anung (kiri) dan Ibu Ria Bistok Simbolon (kanan)
Ibu Hani Pramono Anung, istri dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung, hadir sebagai Penasehat DWP Setkab RI. "Kita tidak dapat melarang anak menggunakan gadget karena banyak juga manfaatnya. Seperti mencari informasi, mencari alamat, dan lainnya," pesan Ibu Hani.

Topik gadget memang seru dibahas sebab tiap orang tua merasakan kegelisahan akan dampak buruknya bagi anak. Dr. Vivid F. Argarini menekankan, bahwa anak dan remaja era sekarang berkembang pada zamannya dan orang tua perlu terus menerus belajar.  

"Kita perlu memiliki patokan atau ukuran seberapa kita bisa mengintervensi kemampuan anak. Tetapi yang jelas, kita pun perlu terus belajar. Sebab di luar negatifnya, sangat banyak sisi positif dari penggunaan gadget," jelas Dr. Vivid yang seorang dosen pascasarjana, dan ibu tiga putra ini.


Dr. Vivid berbagi kiat-kiat agar orang tua mendorong engagement dalam keluarga, sehingga komunikasi terbangun dengan baik. Orang tua perlu tahu dengan siapa saja putra-putri berteman di dunia maya, serta selalu memotivasi untuk disiplin mengatur waktu belajar. 


Para ibu  dimotivasi untuk kreatif mengalihkan pemanfaatan gadget ke hal positif. Antara lain mengajak putra-putri mengunjungi perpustakaan. "Siapa di sini yang sudah punya kartu anggota Perpusnas? Kita punya gedung perpustakaan tertinggi di dunia lho, Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka. Tempatnya juga Instagramable," tutur Dr. Vivid yang juga mengingatkan bahwa kini gadget dapat dimanfaatkan untuk meminjam buku di perpus.


Talkshow semakin hangat ketika Dr. Vivid meminta semua peserta menulis tiga hal yang menjadi kegelisahan tentang putra-putri mereka yang menggunakan gadget. Ada yang khawatir karena putranya cenderung tertutup dan tak pernah lepas dari smartphone. Ada pula yang menyadari balitanya telah hafal kata-kata bahasa Inggris dari menonton YouTube. 


Acara ini juga meriah dengan banyak doorprize, pemilihan busana serasi, juga penarikan arisan. Dengan semangat Hari Kartini, para ibu DWP Setkab RI didorong untuk terus menjaga nama baik keluarga, juga diri sendiri sebagai perempuan. Ketua DWP Setkab RI Ria Bistok Simbolon berpesan, "Nama baik lebih berharga dari kekayaan besar. Jadi mari kita menjaga nama baik sebagai ibu, istri, maupun karyawati."



You Might Also Like

0 comments