Lenovo Vibe S1 Selfiedence Talkshow - Self Branding dengan Selfie

8:42 PM

vivid argarini

Setelah Rabu (20/1) lalu di Jakarta, Motivator Pemuda, Vivid Fitri Argarini kembali menjadi pembicara di Lenovo Vibe S1 Selfiedence (Selfie+Confidence) Talkshow di Bandung, Jumat (22/1). Lebih dari seratus pemuda dari berbagai kampus seru ngobrolin selfie dan self-branding. 

vivid argarini

vivid argarini
Vivid F. Argarini (tengah) bersama MBG Product Trainer Lenovo, Effendi Susanto dan MBG Marketing Lead Lenovo, Miranda Warokka
Menjelang petang di Beehive Cafe and Eatery di Jalan Dayang Sumbi, Dago, anak-anak muda tampak antusias berombongan datang. Antara lain dari UNIKOM, STT Telkom, Universitas Ahmad Yani (UNJANI), UPI, ITB serta ada pula dari Hijabers Community. Mereka akan mengikuti kelas singkat bertema Self-Confidence is the Key to Brand Yourself. Acara sekaligus pengenalan smartphone baru Lenovo Vibe S1. Suasana kafe yang nyaman membuat mereka santai setelah makan malam dan bersiap mengikuti acara bincang-bincang. Terlebih, akan ada doorprize Lenovo Vibe S1 di akhir acara.

vivid argarini

Ngobrolin selfie memang seru. Dalam tiap selfie kita perlu pede tinggi agar hasilnya menarik. Vivid mengajak sharing tentang pentingnya rasa percaya diri agar dapat melakukan self-branding. Confidence diperlukan tak hanya soal penampilan fisik, tapi juga pede menunjukkan kemampuan kita.

"Mungkin banyak yang mengalami, orang tua ingin kita kuliah bidang A, tapi minat kita bidang B. Nah, bagaimana kita bisa confident dan kemudian convincing orang tua bahwa kemampuan kita memang di bidang B dan yakin akan berhasil di situ," tutur Vivid.

vivid argarini

vivid argarini

vivid argarini

Salah satu peserta, Rizki, yang baru lulus dari UPI sempat bercerita. Ia telah merintis usaha bidang fashion sejak tahun kedua kuliah. "Mindset orang sekitar masih yang bahwa setelah lulus itu ya harus dapat pekerjaan. Sedangkan aku percaya diri berwirausaha. Orang tua berpikir buat apa sarjana kalau tidak bekerja di perusahaan besar," ceritanya. Vivid menanggapi, di sinilah pentingnya confident to convince. Bahwa kita harus pede dengan kemampuan kita, menunjukkannya melalui berbagai medium termasuk media sosial, sehingga dapat meyakinkan orang sekitar termasuk orang tua.

"Kepada orang tua harus selalu ceritakan perkembangan usaha kita. Jelaskan apa rencana kita, kalau perlu dengan target misalnya 'beri saya waktu satu-dua tahun untuk membuktikan," tutur Vivid memotivasi. Ia ingatkan pula, bahwa kekhawatiran orang tua tentang pekerjaan anak itu wajar sebab tak satupun orang tua ingin anaknya kesusahan.

vivid argarini
Rizki, fresh graduate dari UPI Bandung, percaya diri beriwirausaha 
vivid argarini
Satria, mahasiswa Sistem Informasi UNIKOM antusias bertanya seputar self-branding
vivid argarini
Mengajak peserta yang tampil stylish untuk pede on stage
Vivid juga mengajak peserta memahami apa itu brand. Bahwa setiap diri kita adalah brand ambassador untuk kita sendiri. Nah, kita perlu melakukan self-branding agar terlihat siapa diri kita, apa kemampuan atau ketertarikan kita, apa yang membedakan kita dari teman-teman. Self-branding bisa dilakukan setiap saat termasuk saat kita posting sesuatu di media sosial, atau ketika mendatangi berbagai acara.

"Mahasiswa boleh lho punya kartu nama sebagai pribadi. Apalagi jika sudah punya usaha seperti Rizki. Setiap datang acara seperti saat ini, network kalian akan bertambah luas tidak hanya mengenal pihak Lenovo tapi juga teman-teman dari kampus lain. Networking is a king," kata Vivid.

vivid argarini

Self-branding dengan selfie juga bakal seru. Dari selfie yang kreatif, kadang kita bisa 'bicara' lebih banyak tentang diri kita dibanding saat bertutur. Misalnya selfie yang menunjukkan kita hobi otomotif, suka make up, punya bisnis fashion, atau apapun. Tambahkan properti dan background seru di selfiemu.

vivid argarini


Soal bikin selfie yang kreatif, peserta serius menyimak pemaparan Effendi Susanto selaku MBG Product Trainer Lenovo. Yang unik dari Lenovo Vibe S1 adalah punya dua kamera depan yang asyik buat selfie. Dual camera ini berfungsi antara lain menentukan mana yang ingin diblur dan mana yang ingin fokus dari satu foto. Dua foto berbeda juga dapat digabung dengan swap background. 

"Background selfie akan mudah kita ganti. Pastikan selfie kita kontras dengan background agar mudah dicrop, lalu kita swap background dengan foto lain," jelas Effendi.

Acara semakin seru saat MC Hendri memandu games selfie. And at the end of the show, satu mahasiswa dan satu dari media beruntung mendapat doorprize Lenovo Vibe S1. Yeayy! Pekan depan giliran Surabaya akan didatangi Selfiedence Talkshow, Sabtu, 30 Januari 2016.

vivid argarini
Bersama Hijabers Community Bandung
vivid argarini
Bersama Hani, mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker ITB (paling kanan) and friends 

You Might Also Like

0 comments