Serunya Studi Jurnalistik 2015 SMP Labschool Jakarta

7:20 PM


SMP Labschool Jakarta konsisten menyelenggarakan Studi Jurnalistik setiap tahun. Acara digelar selama 16-17 Oktober lalu di sekolah yang berlokasi di kawasan Rawamangun ini. Puluhan murid yang tertarik belajar menulis dan memproduksi majalah, antusias mengikuti serangkaian workshop. Sebagian besar dari mereka tergabung dalam tim redaksi majalah sekolah yang bernama Gema.


Media and Communication Expert, Vivid Argarini, memberi materi dalam workshop bertema Remaja dan Media. Kak Vivid rutin menjadi pembicara acara ini setiap tahun. Ia menceritakan asyiknya dunia jurnalistik, tips-tips mengelola majalah, teknik wawancara, sampai kiat-kiat menulis berita. Ia berbagi banyak pengalamannya mengelola Majalah Aneka Yess!, media cetak yang terbit selama 24 tahun sejak 1990 dan meraih oplaag terbesar.


Teman-teman SMP Labschool puas bertanya pada Kak Vivid seputar dunia jurnalistik. Mereka bisa curhat kendala-kendala mereka mengelola Majalah Gema dan mendapat saran serta tips. Peserta juga berlatih membuat judul dari gambar-gambar yang telah disiapkan Kak Vivid. Membuat judul yang catchy, adalah satu trik agar tulisan kita menarik untuk dibaca.


Selain materi dari Kak Vivid, peserta juga mendapat workshop Teknik Fotografi dari Kak Wijaya Kusnaryanto, Teknik Layout dari Widhi M., dan Pengelolaan Majalah dari Aswin Cahyadi. Juga ada sesi berbagi pengalaman oleh para alumni redaksi Majalah Gema.

Latihan menulis artikel


You Might Also Like

0 comments