Bicara Tawuran Pelajar di TV One

3:34 PM

2 Oktober 2014, TV One

Setelah Agustus lalu menjadi narasumber di talkshow RCTI, motivator pemuda Vivid Argarini kembali tampil di layar kaca. Kali ini di acara Coffee Break TV One. Vivid diminta pandangannya untuk diskusi bertema “Tawuran Pelajar, Tanggung Jawab Siapa?”.

Tawuran memang menjadi problem yang seakan selalu muncul di tiap generasi remaja. Agustus lalu, kembali ada korban yakni siswa SMA Adi Luhur Condet, yang tewas akibat tawuran dengan SMA Budi Murni Cipayung di Jalan Raya Bogor, perbatasan Ciracas dan Kramatjati.

Mencegah tawuran tentunya dimulai dari pendidikan di rumah dan sekolah. Remaja mempunyai energi berlebih sehingga harus dibuat sibuk dengan kegiatan positif. Dalam talkshow Vivid mengungkapkan, remaja perlu disibukkan dengan berbagai engagement activities di sekolah.


vivid argarini tv one


Sistem masa orientasi sekolah (MOS) atau ospek, juga akan sangat berpengaruh pada bagaimana perilaku mereka nantinya. Termasuk hubungan antara senior dan junior ke depan. Maka MOS harus diarahkan pada kebersamaan.    

“Saya selalu concern dengan ospek. Senior harus menjadi mentor juniornya, dan buatlah engagement activities. Misalnya lomba membersihkan sekolah, dari kamar mandi sampai perpus. Akan ada kebersamaan, mentality terlatih, dan itu kan fisik juga. Akan lebih baik daripada hukuman push up dan sit up,” tutur Vivid yang aktif menjadi pembicara di sekolah, kampus dan berbagai forum pemuda ini.

vivid argarini tv one

Remaja menghabiskan sepanjang hari waktunya di sekolah, jadi sekolah perlu dibuat senyaman dan sebersih mungkin. Maka membersihkan sekolah bukan kegiatan yang tidak keren, tapi akan sangat bermanfaat menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan.

Dari kegiatan semacam itu dan berbagai engagement activities lainnya, pemuda diharapkan sibuk dan energinya tersalur. Hubungan pertemanan dapat menyenangkan, dan tidak terpikir untuk terlibat kegiatan negatif.


Orang tua juga perlu selalu tahu apa kegiatan anaknya, dengan siapa mereka bergaul, dan di mana mereka nongkrong. Antara peran orang tua dan keadaan di sekolah akan saling berkaitan. Selain Vivid, talkshow ini juga menghadirkan narasumber kriminolog.

vivid argarini tv one

You Might Also Like

0 comments