Pelatihan Sports Management PP-PON Kemenpora

6:12 AM

motivator vivid argarini PP-PON Kemenpora
Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON) konsisten mengembangkan skill para pemuda dan pembina olahraga. Seperti pada Rabu-Kamis, 22-23 Juni 2016, digelar pelatihan event organizing bersama trainer Vivid Fitri Argarini di 'markas' PP-PON Cibubur.

motivator vivid argarini PP-PON Kemenpora

Skill event organizing bukan lagi hanya perlu dimiliki kita yang bekerja di EO atau divisi event and promotion sebuah perusahaan. Siapapun perlu mempelajarinya, sebab aktivasi kini dibutuhkan di banyak bidang. PP-PON yang merupakan bagian dari Deputi Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga, mengusung "Pelatihan Keterampilan Bagi Pemuda Pembina Olahraga dalam rangka Penguatan Skill Event Organizer".

motivator vivid argarini PP-PON Kemenpora

Ini adalah kali kedua Vivid memberi materi serupa di PP-PON, setelah yang pertama pada Mei lalu. Lebih dari 70 peserta kali ini berusia 16-30 an, sebagian adalah CPNS pelatih asisten deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga. Juga para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, pelajar dan pengurus Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia. Mereka menekuni beragam cabang olah raga berbeda, seperti gulat, kempo, dayung, panjat tebing dan banyak lagi. Peserta yang CPNS sebagian adalah atlet berprestasi bahkan telah merebut juara dunia.

motivator vivid argarini PP-PON Kemenpora
Hasan, mahasiswa UNJ bertanya bagaimana merencanakan karir yang linear dengan jurusan semasa kuliah

Di hari pertama, Vivid memberi pembuka yakni memotivasi peserta untuk terus mengembangkan diri dan menambah skill. Setiap diri kita adalah master designer untuk masa depan kita sendiri, sehingga kita perlu merencanakan karir kita dengan baik dan tidak melewatkan satu hari pun tanpa kegiatan produktif. "Coba biasakan membuat to do list setiap hari dan berupaya menjalankannya, agar setiap hari kita produktif," tutur Vivid yang sebagai Public Relations Ikatan Alumni dan Keluarga Nedherland juga menyempangati peserta untuk mendapat beasiswa kuliah di luar negeri.

motivator vivid argarini PP-PON Kemenpora
Arini Ayuningtyas, CPNS pelatih renang bertanya seputar beasiswa kuliah di luar negeri
Sekilas tentang Sports Management juga dibahas pada hari pertama, yakni bagaimana kita Planning, Organizing, Actuating and Controlling sebuah event. Vivid menekankan bahwa tiap peserta perlu memahami Sports Marketing. "Dalam Sports Marketing kita perlu menguasai tentang Sponsorships dan Sales. Bagaimana menyelenggarakan kegiatan olahraga yang menarik untuk brand menggelontorkan dana. Sejak awal memaparkan proposal, kita sudah harus menguasai di titik mana saja mereka dapat berpromosi," tutur Vivid membagi pengalamannya sebagai CEO Majalah Aneka Yess! yang kuat dengan aktivasinya.

motivator vivid argarini PP-PON Kemenpora
Bambang Prasetyo cerita sulitnya mencari sponsor untuk mendanai kegiatan olahraga
Pelatihan berlanjut pada Kamis (23/6/2016) dengan mengurai Event Management lebih dalam termasuk membahas MICE, juga bagaimana menempatkan sumber daya manusia untuk panitia event di materi The Right Man at The Right Place.

You Might Also Like

0 comments