Showbiz Talkshow di JCW 2015 : Digital Media Mengubah Trend Berkomunikasi

4:05 PM

3 Mei 2015, Kota Kasablanka, Jakarta

Jakarta Creative Week (JCW) 2015 telah sukses diselenggarakan pada 30 April sampai 3 Mei lalu di Kota Kasblanka. Serangkaian acara keren mengisi perhelatan yang diadakan ID Creative World ini, antara lain fashion show, fashion talks, JCW2015 Creative Designer Awards, fashion stylist competition, juga Showbiz Talk Show, dan banyak lagi.

Media and communication expert, Vivid Argarini menjadi pembicara pada Show Biz Talksow, yang diadakan www.indonesiashow.biz, yang Minggu sore itu mengangkat topik Dampak Digital Media Terhadap Trend.

Kita sadari bersama, digital media telah berdampak pada berbagai trend seperti lifestyle trend, trend pengembangan diri, trend fotografi, musik, film, dan lainnya. Sebagai contoh, dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, kita dapat menjadi desainer untuk diri kita sendiri. Saat ini tutorial DIY dapat diakses mudah di berbagai situs. 

Trend musik juga berubah, dari yang dulunya instrument based, sekarang menjadi computer based seperti misalnya electronic dance music yang semakin berkembang. Di dunia musik saat ini juga sudah semakin serba gratis.

vivid argarini JCW 2015
Photos and design by Wondo
Contoh lain di video games, adalah maraknya free to play games dengan micro transaction yang ada di platform handheld/iOS/Android.

Namun di talkshow ini, Vivid lebih menyoroti pada aspek Trend Berkomunikasi, terutama di keluarga. Vivid mengatakan, kita dapat begitu sibuk dengan gadget masing-masing ketika bepergian bersama kerluarga atau kawan. Ini menunjukkan bahwa digital berdampak pada trend berkomunikasi.

vivid argarini JCW 2015

"Maka tetap perlu diupayakan ruang berinteraksi secara fisik dan aktif ketika sedang bersama. Tentu ketika berjauhan, teknik berkomunikasi digital amat efektif. Namun ketika bersama, baiknya dikurangi,"  kata Vivid yang tengah menempuh studi doktoral bidang Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta ini.

vivid argarini JCW 2015

Selain itu, ia juga menekankan bahwa yang pintar adalah manusianya, bukan teknologinya. Teknologi akan berkembang terus dan terus. Manusianyalah yang mestinya bijak menggunakan teknologi itu. Talkshow ini juga menghadirkan speaker Ade Binarko, Co-Founder Showbizindonesia.com.




You Might Also Like

0 comments