Inalum Leadership Camp Medan Karya Salemba Empat

1:32 AM


Motivator dan Media and Communication Expert, Dr. Vivid F. Argarini menjadi narasumber dalam INALUM Leadership Camp 2019 di Medan, Sumatera Utara, 20-21 September 2019. Pelatihan ini diselenggarakan Karya Salemba Empat (KSE) untuk seratus mahasiswa peraih beasiswa dari Inalum (Persero).


Peserta berasal dari tiga kampus di Medan yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (UNIMED), dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU). Kegiatan ini merupakan Program Pembinaan dan Pelatihan Kepemimpinan, menghadirkan narasumber para pimpinan KSE dan Inalum, leadership trainer, motivator, serta HR consultant. 


Sabtu pagi (21/9/2019) pukul 7.30, peserta telah duduk begitu rapi, tegap dan tertib di ballroom Lantai 5 RAZ Residence. Seorang dari mereka melangkah ke depan memberi hormat dan melapor ke Kak Vivid, bahwa peserta telah siap mengikuti pelatihan. Kak Vivid menyapa hangat audiens agar proses penyampaian materi menjadi lebih interaktif.
  

Di sesi pertama, Kak Vivid menyampaikan materi tentang Komunikasi dan Informasi, untuk mendorong peserta memahami pentingnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta cermat menyerap informasi. “Dari mana kalian memperoleh informasi?” Pertanyaan ini dilontarkan dan memancing antusias peserta untuk maju ke depan dan berpendapat.
  

Kemudian di sesi kedua, Kak Vivid memotivasi peserta untuk memiliki kemampuan Komunikasi Antar Budaya. Indonesia dengan beragam suku, etnis, agama, juga hukum adat menuntut anak muda piawai berkomunikasi. “Kita dapat belajar dari kisah KKN di Desa Penari ya,” tutur Kak Vivid. Terlepas dari benar tidaknya cerita itu, di mana pun kita berada kita perlu menghargai adat dan budaya setempat. Topik ini memancing diskusi seru dari peserta seputar kearifan lokal di Sumatera Utara.
  

Sesi Kak Vivid berlangsung hingga pukul 12 siang dengan banyak exercise. Kak Vivid juga melatih peserta memancarkan first impression yang baik saat bertemu orang baru melalui jabat tangan yang baik. “Perhatikan eye contact saat bersalaman ya,” pesan Kak Vivid. Sesekali peserta juga diajak bernyanyi bersama, menulis dan mengungkapkan pendapat, agar proses penyampaian materi betul-betul diikuti dengan baik.
  


Pelatihan bersama Kak Vivid ini merupakan bagian dari INALUM Leadership Camp yang berlangsung 18-25 September 2019. Dalam akun Instagram @beasiswa_kse dijelaskan bahwa training ini bertujuan meletakkan dasar-dasar jiwa kepemimpinan, olah pikir, olah rasa dan olah raga termasuk berbagai soft skill agar mahasiswa memiliki integritas sebagai bekal menjadi lulusan terbaik.
  

You Might Also Like

0 comments