Memerankan Guru di Film Nyai Ahmad Dahlan

2:32 AM

nyai ahmad dahlan vivid argarini

Konselor Pendidikan, Dr. Vivid F. Argarini kembali akan tampil di film layar lebar. Seperti kesehariannya, ia akan memerankan seorang pendidik.

Setelah tokoh dokter dalam film religi Surga Menanti pada tahun lalu, kali ini ia berlakon sebagai guru di Nyai Ahmad Dahlan The Movie. Film ini dibintangi Tika Bravani (Nyai Ahmad Dahlan) dan David Chalik (KH Ahmad Dahlan), serta skenario ditulis Dyah Kalsitorini. Tokoh yang Vivid perankan, Ibu Tjitrosoebono, adalah guru serta penasehat Nyai.

Kisah Nyai Walidah difilmkan untuk lebih mengenalkan sosoknya ke masyarakat. Lahir pada 1872 di Yogyakarta, kiprah dan pengabdiannya tak sebatas istri KH Ahmad Dahlan, Pendiri Persyarikatan Muhammadiyah. Ia bertekad memajukan kaum wanita yang masa itu belum dapat mengakses pendidikan dan mengaktualisasi diri.

Nyai dikenal menolak kawin paksa, terutama pada anak-anak. Perjuangannya ia wadahi dengan mendirikan organisasi wanita Sopo Tresno, yang hingga kini aktif dengan nama 'Aisyiyah. Setelah KH Dahlan wafat, ia kemudian menjadi perempuan pertama yang memimpin Kongres Muhammadiyah pada 1926.

Tjitrosoebono sendiri adalah redaktur media cetak Soeara 'Aisyiyah, yang juga istri S. Tjitrosoebono, Pemimpin Redaksi Soeara Moehammadijah. Ketika 'Aisyiyah menggalakkan program pemberantasan buta huruf, Nyai Walidah yang saat itu telah berusia di atas 40 tahun sangat giat belajar membaca dan menulis Latin dari Ibu Tjitro.

"Terima kasih untuk amanahnya, memerankan Ibu Tjitrosoebono, sahabat Nyai Ahmad Dahlan, redaktur SA di era 1921," tulis Vivid di akun Instagramnya, @vividfitriargarini.

Film ini diproduksi NRA Tour and Travel, IRAS Film serta didukung Keluarga Besar KH Ahmad Dahlan. Disutradarai Diah Paramita, syuting telah dimulai pekan lalu di sejumlah lokasi di Yogyakarta antara lain Kabupaten Sleman dan Gunungkidul. Dyah Kalsitorini sebelumnya telah menulis skenario sejumlah film layar lebar, film televisi dan sinetron.

You Might Also Like

1 comments

  1. Pribadi yang Luar Biasa Prima!

    Salam SPECTA!
    Wuryanano
    Portal Bisnis Indonesia:
    www.wuryanano.com

    ReplyDelete