Featured : Tabloid WANITA INDONESIA

6:19 PM

Edisi 22 Januari 2015, halaman 18


Motivator Vivid Argarini menjadi narasumber artikel bertema "Ulang Tahun dan Makna Hidup", untuk Tabloid Wanita Indonesia yang beredar 22 Januari 2015. Berikut petikan artikelnya.

Ponsel Saja Selalu Di-Upgrade

"Bertambahnya usia, diibaratkan seperti ponsel saja. Pasti akan terus di-upgrade, bukan maunya di-downgrade. Begitu juga dengan masnuia. Kepuasan diri bukan selalu materi, tapi bagaimana lebih bermakna untuk diriku sendiri dan memaknai hidup sebaik-baiknya," kata Vivid yang juga seorang Media and Communication Expert ini.

Salah satu upaya memaknai ulang tahun ala Vivid adalah melakukan analisis singkat tentang diri, yang diistilahkannya dengan reinventing myself. Artinya membuat ulasan mengenai kekurangan diri, kesempatan yang belum dieksporasi, serta apa tantangan yang harus dihadapi ke depan.

"Di mana pun, seseorang bisa saja kemudian menemukan siapa dirinya, tapi kunci untuk bisa memahami diri sendiri adalah harus jujur. Be honest to yourself. Terkadang saat melakukan review kita suka menyangkal diri sneidir, karena itulah kita harus melatih untuk bisa menilai jujur diri sendiri," tutur Vivid.

Seseorang, lanjutnya, juga harus memberi kesempatan untuk berbicara dengan diri sendiri. Jika tidak bisa dengan berbicara, maka lakukan dengan menulis.

"Setelah kita mengakui lalu kita mencoba untuk membuat rencana pada kehidupan kita. Lakukan dengan langkah plan, do, action lalu make it happen," sarannya.

Lakukan Berkala

Cara ini cukup efektif untuk merefleksikan diri. Secara berkala, kita harus melihat kembali seberapa jauh yang sudah kita capai, lalu tanyakan kembali apakah kita sudah puas dengan pencapaian itu.

"Kesempatan mungkin bisa hilang, tapi kita tidak akan pernah kehilangan kesempatan untuk reinventing myself. Mungkin Anda baru tersadar saat ini, tapi toh Anda tersadar juga kan? Misalnya, Anda diberi kesempatan hidup 55 tahun oleh Tuhan, dan sekarang umur Anda 40 tahun, artinya masih ada 15 tahun kesempatan Anda untuk benar-benar memaknai hidup," tutur ibu tiga anak ini.

Bersyukur...

"Selalu berprasangka baik pada Tuhan. Misalnya, kita tahu ada orang yang tidak suka pada kita, berpikir positif saja. Mungkin memang dia sedang menghadapi masalah. Kita mengautosugestikan diri seperti itu dan pada akhirnya orang itu malah berbalik menjadi sayang pada kita. Karena itu, bersyukurlah di saat kita diberi kesempatan untuk hidup, dengan cara itu kita memaknai hidup," pesan Vivid.

You Might Also Like

1 comments