Okezone.Com : Cara Cerdas Tegur Anak Berkata Kotor dan Kasar

3:00 AM

Sumber : Okezone.com Selasa, 23 Juni 2015 - 16:00 WIB
Penulis : Ariesta Asri - Okezone



ORANGTUA mana yang tidak terkejut saat si kecil mengeluarkan kata-kata kotor atau kasar? Tak heran, banyak orangtua langsung memarahi si kecil meskipun saat itu sedang berada di depan umum. Namun, menurut konsultan dan konselor pendidikan Vivid F. Argarini, pendekatan ini tidaklah efektif.

"Dalam suasana ramai, saat anak meneriakkan kata-kata tidak baik, langsung menegur bukan pendekatan yang jitu,” terang Vivid saat dihubungi Okezone.

Sebaliknya, Vivid menyarankan agar orangtua memanggil anak dalam suasana yang nyaman untuk berbicara. Memarahi anak di depan umum selain memalukan, dikhawatirkan nantinya malah membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang minder.

“Memberi tahu dengan cara baik-baik bukan berarti menandakan bahwa orangtua lemah. Menegur anak tidak harus disertai nada tinggi atau mata melotot,” imbuhnya lagi.

Sebelum menegur, orangtua sebaiknya berusaha memahami alasan anak berkata kotor atau kasar. Mungkin saja anak hanya ikut-ikutan dan tidak benar-benar paham arti dari kata-kata tersebut. (vin)

Link Berita

You Might Also Like

0 comments