Vivid di Okezone : Komunikasi Tepat saat Anak Beranjak Remaja

8:52 PM

Sumber : Okezone.com - Sabtu, 20 Februari 2016 - 05:10 wib
Penulis : Vessy Frizona - Okezone


ANAK tumbuh begitu cepat, tanpa disadari mereka telah menjadi remaja yang sulit ditebak. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua saat anak berada di fase remaja awal?

Vivid Fitri Argarini, seorang motivator remaja yang sudah lama berkecimpung di dunia anak muda menyarankan bahwa perlu ada perubahan cara mendidik atau membimbing anak dari orangtua.

“Cara berkomunikasi orangtua terhadap anak-anak harus dicermati. Ada hal-hal absolut yang sangat prinsipil, yang tidak dapat ditawar, seperti: no drugs, no alcohol, no free sex. Ini yang orangtua harus sampaikan, bahwa hal ini dijauhi, dihindari,” jelas Vivid.

Ia menambahkan, kalau cara menyampaikannya harus dengan bertutur, memberi contoh seperti apa, andai melakukan dan hal negatif lain. Sebab, di saat yang sama, remaja tumbuh dengan keingintahuannya yang tinggi.

“Cara berinteraksi orangtua kepada anak usia remaja harus juga berubah. Respek kepada orangtua atau orang yang lebih tua, tetap nomor satu, namun komunikasi dua arah yang cair tidak kaku dan berada dalam alam pikiran anak-anak ini, juga tetap diterapkan. Diselami, diketahui lebih nyata,” terang wanita lulusan University of Wisconsin, Whitewater jurusan komunikasi ini. (vin)

You Might Also Like

0 comments